Menu
Komunitas

Komunitas

Artikel

Merawat toleransi sangatlah penting dalam masyarakat kita yang sangat majemuk. Untuk itu, menumbuhkan empati melalui dialog dan persahabatan adalah syarat untuk membangun semangat toleransi. Ada berbagai cara untuk menciptakan ruang dialog, salah satunya adalah dengan mengadakan acara Makan Malam Keberagaman yang diprakarsai oleh gerakan Sabang Merauke dan Ayu Kartika Dewi yang menjadi staf khusus Presiden RI di Pusat Kebudayaan Soka Gakkai Indonesia pada 5 Februari 2020. 

Generasi muda yang mewakili 30 komunitas dan para penggiat perdamaian berbagi pengalaman mereka, baik secara personal maupun organisasi, mengenai keberagaman khususnya terkait perayaan imlek. Acara ini juga menjadi ajang berjejaring antar organisasi dan komunitas sehingga bisa memperkuat solidaritas kaum muda untuk toleransi.

Hal ini sejalan dengan pemikiran Dr. Daisaku Ikeda, presiden Soka Gakkai Internasional, yang dalam Proposal Perdamaian tahun 2017, “Solidaritas Global Pemuda: Mengantarkan Era Harapan Baru.” Beliau menyatakan: “Memandang dan menilai orang lain hanya melalui kacamata agama atau etnis akan membiaskan realitas berlimpah yang kita masing-masing miliki sebagai individu. Sebaliknya, ketika kita mengembangkan penghargaan mendalam terhadap nilai unik masing-masing melalui persahabatan, perbedaan etnik ataupun agama akan diterangi martabat dan kemuliaan teman itu dan bersinar sebagai nilai keberagaman.”

Lebih jauh lagi beliau mengatakan, “Menciptakan keharmonisan di tengah-tengah keberagaman adalah isu mendasar di abad ke-21. Selagi merayakan karakteristik unik dari masyarakat dan budaya yang berbeda-beda, kita harus menciptakan solidaritas dengan berpijak pada perikemanusiaan bersama kita, pada kehidupan bersama kita. Tanpa solidaritas demikian, tidak akan ada masa depan bagi umat manusia. Keberagaman tidak seharusnya melahirkan konflik, tetapi harus memperkaya dunia ini.”

Marilah kita memperluas dialog perdamaian, memulainya dari diri sendiri, dengan secara aktif membangun persahabatan dan solidaritas dengan orang-orang di sekitar kita, untuk mewujudkan masyarakat harmonis yang memungkinkan setiap orang hidup dengan penuh martabat. Mulailah berdialog. 

photo credit : @dwinda18