Menu
Komunitas

Komunitas

Artikel

 

Bimbingan oleh Presiden SGI Daisaku Ikeda

Presiden Soka Gakkai kedua Josei Toda mengatakan bahwa hal yang paling penting adalah pertama-tama menjadi orang sangat dibutuhkan dimanapun Anda berada. Daripada mengeluh bahwa pekerjaan Anda sekarang berbeda dari apa yang ingin Anda lakukan, Toda Sensei mengatakan, jadilah individu kelas satu di pekerjaan tersebut. Ini akan membuka jalan menuju fase berikutnya dalam hidup Anda, dan dalam menuju perjalanan tersebut anda juga harus terus melakukan usaha yang terbaik.

Upaya berkelanjutan seperti itu menjaminkan masa depan Anda akhirnya akan mendarat pada pekerjaan yang Anda sukai, yang mendukung kehidupan Anda dan memungkinkan Anda untuk berkontribusi pada masyarakat juga. Kemudian, ketika Anda melihat ke belakang nanti, Anda akan melihat bagaimana semua upaya masa lalu Anda telah menjadi aset berharga di bidang ideal Anda. Anda akan menyadari bahwa tidak ada upaya dan kesulitan Anda yang terbuang sia-sia. 

Presiden Soka Gakkai Internasional Daisaku Ikeda menceritakan pengalamannya mengenai pekerjaan, ia mengatakan,” Pengalaman saya adalah saya ingin menjadi seorang reporter surat kabar, tetapi kesehatan saya yang buruk menghalangi saya.

Namun, saat ini, saya telah berhasil menjadi seorang penulis yang dapat bertahan di dunia kesastraan. Pernah suatu waktu di masa lalu, saya bekerja di sebuah perusahaan penerbitan kecil. Karena staff nya yang terbatas, saya harus bekerja sangat keras — tetapi sejauh yang saya lakukan, saya memperoleh pengalaman yang berguna.

Setelah perang, saya bekerja untuk Asosiasi Industri Kamata [didirikan pada tahun 1946 untuk mempromosikan usaha kecil dan menengah di Kamata, Tokyo]. Itu merupakan Asosiasi kecil, tetapi apa yang saya lalui dalam pekerjaan itu memberi saya kesempatan untuk benar-benar melihat diri saya sendiri.

Semua yang saya pelajari saat itu sangat berharga bagi hidup saya sekarang. Yang penting adalah kembangkan diri Anda dalam situasi apapun Anda saat ini, untuk mengendalikan pertumbuhan Anda. (Discussion on Youth, hal. 77)

Toda Sensei selalu mendorong kami untuk tidak hanya membaca “Surat Balasan Kepada Seorang Penganut” dengan mata dan pikiran, tetapi dengan badan kami juga—yakni mempraktikkannya dalam kehidupan kita. Saya bekerja untuk Toda Sensei ketika saya muda, dan beliau melatih saya dengan sangat keras.

Beliau tidak pernah mengijinkan saya untuk menggunakan kegiatan di Soka Gakkai sebagai alasan untuk lalai dalam pekerjaan. Beliau secara tegas mengajari saya sikap seharusnya dari seorang pelaksana Buddhisme Nichiren, dengan menyatakan:

“Dalam kepercayaan, curahkan upaya satu orang; dalam pekerjaan, curahkan upaya tiga orang.”

Saya ingin mengenalkan beberapa bimbingan Toda Sensei terkait pernyataan Daishonin “Anggaplah pelayanan Anda kepada majikan sebagai praktik Sutra Bunga Teratai” (WND-1, hlm. 905): Sungguh sebuah kesalahan besar untuk beranggapan Anda akan sukses berkat rejeki yang Anda terima dari pertapaan Buddhis, tanpa bekerja lebih keras daripada siapapun dalam pekerjaan.

Saya ingin mengenalkan beberapa bimbingan Toda Sensei,

”Tidak merasakan kegembiraan dalam pekerjaan adalah sama dengan tidak merasakan sukacita dalam hati kepercayaan Buddhisme. Tidak peduli betapapun banyaknya daimoku (melantunkan Nam-myoho-renge-kyo) yang anda sebut, Anda tidak akan berhasil dalam masyarakat".

Anda seharusnya menghargai pekerjaan secara mendalam, berpikir keras dan melakukan setiap daya upaya untuk berhasil di dalamnya. Bagi kalian yang bekerja untuk perusahaan ataupun organisasi apapun, sangatlah penting untuk menikmati apa yang sedang Anda lakukan dan terus berusaha untuk meningkatkan diri dalam pekerjaan, serta bertekad untuk memenuhi tanggung jawab Anda.

Kesejahteraan manusia harusnya menjadi tujuan dari pemerintahan maupun bisnis. Kebahagiaan manusia haruslah menjadi sasaran pokok tertinggi dari semua aktivitas sosial. Apapun pekerjaan ataupun tempat kerja Anda, saya harap anda akan berjuang untuk kesejahteraan orang lain dan perbaikan masyarakat dalam cara unik Anda sendiri, dan meraih pujian dari orang-orang di sekitar Anda karena selalu positif , terpercaya, dan bisa diandalkan.

Inilah contoh mempraktikkan kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari dan Buddhisme dalam masyarakat. Cahaya revolusi manusia Anda yang hebat dapat menerangi kehidupan orang lain, komunitas, masyarakat, dunia, dan bahkan masa depan. Dengan energi, optimisme, dan sukacita, mari kita maju terus di jalan menuju pertumbuhan pribadi yang solid, dengan “Lagu Kaum Muda” bergema kuat di hati kita yang selalu berjiwa muda.