Menu
Komunitas

Komunitas

Artikel

Manusia dilahirkan untuk hidup bahagia! Setiap orang dilahirkan dengan kapasitas bawaan yang tak terbatas untuk bahagia! 

Namun bagi banyak orang, kebahagiaan begitu jauh dari kehidupan mereka. Hidup di tengah-tengah kondisi masyarakat dewasa ini sungguh tidak mudah dan penuh dengan tekanan dan penderitaan, baik karena kesulitan ekonomi, wabah penyakit maupun hubungan manusia yang tidak harmonis. Banyak orang yang stres dan putus asa.

Dengan welas asih mendalam untuk “tidak membiarkan satu orang pun ketinggalan” dan rasa kemisian yang kuat untuk “menghapus kesengsaraan dari muka bumi”, anggota Soka Gakkai Indonesia di berbagai daerah mengadakan Pertemuan Filosofi Kebahagiaan untuk berbagi harapan dan dorongan semangat yang hangat kepada orang lain.

 

Setiap orang memiliki potensi Buddha untuk mewujudkan kehidupan yang paling mulia dan bahagia. Buddhisme Nichiren Daishonin mengajarkan praktik dan cara hidup untuk mengeluarkan potensi terpendam itu. Dengan keyakinan inilah anggota Soka Gakkai Indonesia melakukan dialog yang penuh sukacita dan berbagi filsafat hidup Buddhisme ini dengan teman-teman mereka agar mereka bisa bahagia mutlak. Semua ini didorong hati yang menginginkan kebahagiaan bagi orang lain dan prasetia mereka sebagai Bodhisatwa Dari Bumi untuk kosenrufu. Wajah-wajah tersenyum para sahabat yang berpartisipasi dalam dialog Filosofi Kebahagiaan ini menjadi kegembiraan dan kebanggaan tersendiri bagi anggota Soka Gakkai.

Ikeda Sensei mengatakan: “Hati kita dapat mengubah hati orang lain. Persahabatan bisa mengubah orang. Pengelana yang menutup dirinya dengan jubah tebal akan berkeras melawan angin yang dingin. Namun ia akan merasa rileks dan membuka diri saat dihangatkan oleh matahari, dan pandangan serta tindakan mereka akan berubah. Soka Gakkai adalah organisasi persahabatan. Saya berharap bahwa, dengan kehangatan bagai mentari, Anda akan saling merangkul dengan persahabatan dan menyebarkan gelombang persahabatan dan welas asih ke seluruh masyarakat”.