Menu
Komunitas

Komunitas

Kegiatan
Get to Know Buddhism
Artikel

Apa keunggulan aliran Buddhisme Nichiren Daishonin dibandingkan aliran Buddhis lain? Apakah aliran Buddhisme di  Soka Gakkai percaya kelahiran kembali seperti agama Buddha lainnya? Soka Gakkai terdapat di banyak negara apakah gerakannya terstruktur dan terkoneksi satu sama lain?

Diatas merupakan pertanyaan-pertanyaan seru selama sesi dialog dalam Seminar “Get to Know Buddhism” yang diselenggarakan oleh Tim Pembina Kerohanian Buddha (TPKB) Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya yang dilaksanakan pada Minggu, 12 September 2021 jam 19.00 WIB via Zoom. Soka Gakkai wilayah Surabaya diundang menjadi salah satu nara sumber yang diwakilii oleh ketua pemuda nasional Sdr. Kiki Tanzil. 

Sekitar 49 peserta yang terdiri dari mahasiswa TPKB ITS dan generasi muda Soka Gakkai wilayah Surabaya ikut menghadiri seminar kali ini. Merupakan kesempatan yang sangat luar biasa untuk bisa memperkenalkan filosofi Buddhisme Nichiren melalui pemutaran video perkenalan Soka Gakkai, dan diskusi tanya jawab mengenai Buddhisme Nichiren.

Presiden SGI Daisaku ikeda  menggambarkan perspektif Buddhis tentang dialog, dengan mengatakan: “Dialog melibatkan pembelajaran dari orang lain. Hal ini menuntut anggota SGI untuk menghormati orang lain” (18 Maret 2011, World Tribune, hlm. 5). Dialog bukan sekedar percakapan atau pertukaran secara verbal. Sebaliknya, dialog berasal dari keinginan bersama dari dua orang untuk saling menghormati, belajar dari satu sama lain dan tumbuh bersama sebagai hasil dari interaksi mereka.