Menu
Komunitas

Komunitas

Berita
Mari Teruskan Upaya Kita untuk Meninggikan Suasana Jiwa Seluruh Umat Manusia---Sambutan Tahun Baru Ikeda Sensei
Artikel

Selamat atas permulaan Tahun Harapan dan Kemenangan!

Saya senang melihat semua orang berangkat dengan semangat baru yang tak tergoyahkan dan matahari dari waktu yang tak berawal bersinar dalam hati, bersatu dengan Bodhisatwa Dari Bumi seperjuangan di seluruh dunia menuju seratus tahun Soka Gakkai di tahun 2030.

Selagi menahan penganiayaan besar, Nichiren Daishonin menyatakan: “Betapa gembiranya kita bisa terlahir di Masa Akhir Dharma dan berbagi upaya menyebarluaskan Sutra Bunga Teratai!” (WND-1, hlm. 1026; “Surat Kepada Niike”).

Dengan mewarisi semangat Daishonin, Anda, anggota Soka yang mulia, telah membuat kemajuan pasti dalam mewujudkan penyebaran Hukum Gaib ke seluruh dunia. Pencapaian ini sungguh tidak tertandingi dalam sejarah Buddhisme. Anda telah bangkit dengan berani untuk menghadapi tantangan pandemi virus corona yang berkepanjangan, dengan menanamkan cahaya harapan dan keberanian dalam hidup orang-orang.

Di kala kesulitan, jiwa kita selalu bisa memunculkan “hati sang raja dari singa”, mengembangkan kekuatan batin kita sepenuh-penuhnya, dan menang [terhadap kesulitan] dengan persatuan yang solid dalam satu tujuan. Inilah intisari dari Buddhisme Nichiren dan kebanggaan guru dan murid Soka.

Daishonin dengan jelas menyatakan: “Sifat Buddha yang dimiliki semua makhluk [hidup] dipanggil dengan nama Myoho-renge-kyo” (WND-1, hlm. 131; “Perbincangan Antara Orang Suci dan Orang yang Belum Tercerahkan”). Kosen-rufu adalah gerakan untuk membangunkan sifat Buddha yang ada dalam jiwa kita sendiri dan orang lain; Upaya yang berjangkauan jauh dan tiada akhir untuk meninggikan suasana jiwa seluruh umat manusia hingga ke dunia Buddha.

Pada khususnya, 10 tahun berikut akan sangat penting dalam mengukuhkan dan melestarikan aliran besar kosen-rufu hingga masa depan Masa Akhir Dharma yang kekal abadi. Di tahun penting yang menandakan awal dari dekade tersebut, marilah kita bekerja dan melangkah bersama dalam keharmonisan dan kegembiraan yang lebih besar lagi, dengan menang dalam setiap tantangan yang menghadang kita.

Saya berharap Anda juga akan mendukung dan membina penerus muda kita di Divisi Generasi Muda dan Divisi Masa Depan dengan hati yang terbuka dan hangat. Bersama-sama marilah kita mengumpulkan harta hati dengan semangat yang kuat dan muda, hidup kita meluap-luap dengan karunia kebajikan, dan membuat langkah maju yang menakjubkan dalam revolusi manusia kita yang akan berfungsi sebagai inspirasi bagi orang lain.

Semoga Anda terus menerangi keluarga Anda, komunitas, tempat kerja, dan masyarakat Anda dengan cahaya Hukum Gaib yang tiada tara. Semoga Anda secara tak terbatas mengembangkan gerakan harapan dan kemenangan Soka, yang didedikasikan demi mewujudkan cita-cita Daishonin untuk menegakkan ajaran sesungguhnya untuk menenteramkan negara dan seluruh dunia!

Saya beserta istri saya, Kaneko, berdoa dengan sepenuh hati untuk kesehatan, kebahagiaan, keamanan, dan panjang umur Anda dan orang-orang yang Anda kasihi.

Saya mengirimkan doa terbaik untuk Anda semua.

 

Hari Tahun Baru, 2021

 

Daisaku Ikeda