Menu
Komunitas

Komunitas

News
Pembukaan Sekolah Internasional Soka Malaysia di Tahun 2023
Artikel

Sebuah sekolah yang mengintegrasikan pendidikan SMP dan SMA akan dibangun di Malaysia dengan nama Sekolah Internasional Soka Malaysia, atau disingkat menjadi SISM. Menuju pembukaannya di tahun 2023, pembangunan sekolah ini telah dimulai di lokasi konstruksinya. Sebagai pendirinya, Ikeda Sensei menyelamati pembukaan SISM dengan menghadiahkan tiga poin semangat pendirian dan dua motto bagi siswa sekolah tersebut. 

SISM akan berada di Negeri Sembilan, dekat ibukota Kuala Lumpur dengan perjalanan sekitar satu jam dari Bandara Internasional Kuala Lumpur. Di daerah tersebut terdapat banyak institusi pendidikan dan perguruan tinggi dengan lingkungan yang aman dan pemandangan yang indah.

SISM mengintegrasikan pendidikan SMP dan SMA dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya. Dengan tujuan membina warga dunia yang “berkearifan”, “berkeberanian”, dan “berwelas asih”, sebagaimana yang diarahkan Ikeda Sensei, SISM akan menghadirkan kualitas pendidikan yang tinggi dan lingkungan pendidikan yang humanistis. 

Siswa yang diterima di SISM akan mengikuti program IGCSE, sebuah program pendidikan menengah asal Inggris yang telah dipercaya oleh sekolah-sekolah di seluruh dunia sebagai acuan untuk ujian internasional. SISM akan menerapkan kurikulum International Baccalaureate (atau disingkat IB) yang bertujuan membantu setiap siswa memperoleh kemampuan untuk berpikir secara logis, kemampuan untuk mengekspresikan diri, kemampuan berkomunikasi dan berbagai kemampuan lainnya yang dibutuhkan masyarakat internasional.

Lulusan SISM akan dapat langsung melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai universitas terkemuka di seluruh dunia, termasuk Universitas Soka di Jepang dan Universitas Soka Amerika.

SISM menerima siswa dari seluruh dunia dan menyediakan asrama bagi siswa dari luar negeri di lingkungan sekolah. Pada musim gugur tahun ini, Pusat Informasi Pengunjung akan dibuka untuk memberikan informasi seputar persyaratan penerimaan siswa baru dan situs resmi SISM juga akan diluncurkan.

Wakil presiden Soka Gakkai Malaysia, Guo Fu An, telah ditunjuk sebagai direktur utama SISM. Dr. Nirmala Krishnan asal India telah diangkat sebagai kepala sekolah. Dia memegang gelar PhD dari Universitas Madras di India dan pernah mengenyam pendidikan di Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat. Dia adalah seorang pendidik yang telah berkecimpung dalam dunia pendidikan tingkat menengah selama bertahun-tahun, termasuk menjadi kepala sekolah dari sebuah sekolah internasional yang terkemuka di India.

Selain itu, anggota dewan direktur SISM akan berasal dari Malaysia, Jepang, Amerika Serikat, dan India, termasuk Ketua Umum Soka Gakkai Malaysia, Koh Sia Feai, untuk mendukung pengelolaan SISM.

Sebagai sekolah internasional pertama yang mengambil nama “Soka”, SISM dapat dikatakan sebagai kulminasi dari tekad dan upaya Ikeda Sensei dalam mendirikan berbagai sekolah Soka di seluruh dunia. Beliau menyatakan, “Pendidikan adalah proyek terakhir dari kehidupan saya.”

Mari kita nantikan masa depan ketika para cendekiawan muda dari berbagai negara akan bekerja keras mengasah potensi mereka, terbang ke seluruh dunia, serta berkontribusi bagi perdamaian dunia dan kebahagiaan seluruh umat manusia. 

 

Tiga Semangat Pendirian:

  • Jadilah “Warga Dunia yang Arif”, yang belajar secara tuntas dan menyeluruh.

  • Jadilah “Warga Dunia yang Berkeberanian”, yang menjadikan keberagaman sebagai motivasi untuk kemajuan.

  • Jadilah “Warga Dunia yang Berwelas Asih”, yang menyebarkan persahabatan ke seluruh dunia.

  • Dua Moto:

  • Jadilah pelajar sejati.

  • Jadilah warga dunia.